• about us
  • our offices
  • conversations
  • media
  • contact us
Donate Now
PROFIL SOCIAL DEVELOPMENT
Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Untuk itulah Dompet Dhuafa ada, bersama dengan para relawan membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah dan mereka yang tidak tahu arah. Program- program dalam Social Development terus mengalami perkembangan mengikuti dinamika yang terjadi di masyarakat. Program ini dijalankan oleh beragam lembaga di bawah Dompet Dhuafa dan lebih dari 5 tahun telah membantu masyarakat Indonesia. Program-program tersebut akan terus dikembangkan mutu dan variasinya agar dapat memberikan pelayanan maksimal bagi masyarkat khususnya kaum miskin di Indonesia.

Lamusta

Pemberian bantuan langsung kepada mustahik/penerima manfaat yang membutuhkan bantuan mendesak seperti biaya pulang kampung, biaya SPP, biaya tebus ijazah, pembagian sembako, menebus obat di rumah sakit, hingga biaya sewa kontrakan yang terlewat tengat. Golongan penerima bantuan Lamusta adalah sesuai dengan asnaf penerima zakat di antaranya fakir, miskin, dan orang yang berhutang.

 

Siaga Bencana

Program bantuan terhadap korban bencana alam baik pada saat bencana maupun setelah bencana untuk evakuasi, logistik, rehabilitasi, trauma healing, pengobatan gratis pasca bencana dan recovery pemulihan ekonomi masyarakat.

 

Barzah Peduli

Barzah Peduli merupakan program bantuan mobil jenazah bagi dhuafa yang meninggal dunia dan kesulitan untuk memulangkan jenazahnya secara Cuma-cuma. Selain mengantar jenazah, program ini juga memberikan layanan pemulasaraan jenazah dari mulai memandikan sampai memakamkan jenazah. Selain itu program Barzah juga memberikan pelatihan pemulasaraan jenazah secara gratis bagi masyarakat / sekolah serta bantuan keranda, kain kaffan dan perlengkapan pemulasaraan jenazah bagi masyarakat dhuafa.

 

Air untuk Kehidupan

Program pemberdayaan Dompet Dhuafa yang memberikan bantuan pengeboran air, pembangunan MCK dan sarana sanitasi air lainnya bagi wilayah-wilayah yang mengalami kesulitan air bersih. Program ini melibatkan masyarakat dalam pembangunan dan perawatannya sehingga masyarakat merasa memiliki, dalam program ini juga disisipkan penyuluhan hidup bersih dan sehat agar kualitas kesehatan masyarakat penerima bantuan program ini semakin meningkat.

 

Sedekah Pohon

Program pengembangan kemandirian masyarakat miskin dengan cara menanam pohon produktif di wilayah sekitar mereka.