• about us
  • our offices
  • conversations
  • media
  • contact us
Donate Now
HOME > DETAIL > Pemulihan Pasca Bencana Garut Dompet Dhuafa-Wali Kota Bandung Bangun Rumah untuk Warga Terdampak
BERITA,SOCIAL DEVELOPMENT

Pemulihan Pasca Bencana Garut Dompet Dhuafa-Wali Kota Bandung Bangun Rumah untuk Warga Terdampak

14 April 2017
Pemulihan Pasca Bencana Garut Dompet Dhuafa-Wali Kota Bandung Bangun Rumah untuk Warga Terdampak

BANDUNG—Pasca terjadinya bencana banjir bandang di Garut yang telah merenggut puluhan korban jiwa hingga ratusan rumah masyarakat, puluhan fasilitas umum rusak dan hancur. Begitupun dengan perputaran ekonomi di Garut yang sempat lumpuh beberapa bulan pasca bencana melanda.

Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa terus bergerak melakukan program pemulihan pasca bencana. Salah satu yang dilakukan Dompet Dhuafa hingga kini adalah membangun rumah untuk masyarakat Garut yang tertimpa musibah banjir bandang setengah tahun yang lalu.

Ratusan rumah yang direlokasi merupakan rumah-rumah yang sebelumnya menempati daerah aliran sungai (DAS) sehingga ancaman serta terjadinya korban akan timbul kembali. Maka banyak instansi maupun lembaga seperti Dompet Dhuafa berkerja sama dengan pemerintah, perushaan, maupun mitra lainnya.

Dalam hal ini Dompet Dhuafa bekerja sama dengan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil untuk membangun ekonomi Garut serta membangun sekitar belasan rumah rakyat ramah lingkungan di Kampung Penanggungan, Desa Lengkong Jaya, Kecamatan Karangpawitan, Garut Jawa Barat.

“Kerja sama ini merupakan berbasis kerja sama tematik dengan Walikota Bandung, baik tentang pendidikan, kampanye zakat, maupun tentang recovery bencana di Garut saat ini,” kata Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa Filantropi, Bambang Suherman, Jumat (14/4) saat penyerahan simbolis bantuan dari Wali Kota Bandung di Pendopo Wali Kota Bandung.

Dengan adanya kerja sama Walikota Bandung dengan Dompet Dhuafa, ujar Bambang, menjadi sinyal postifi bahwa adanya perhatian dari pemerintah terhadap yang dilakukan lembaga zakat seperti Dompet Dhuafa.

“Dalam mengelola aspek-aspek kemanusiaan diruang bencana, selama ini kita berharap aktivitas Dompet Dhuafa yang berhubungan langsung dengan masalah kemanusiaan bisa bekerjasama dengan berbagai pihak terutama pemerintah daerah,” terang Bambang.

Berita Terkait


Berikan komentar Anda


4 + 4 =