• about us
  • our offices
  • conversations
  • media
  • contact us
Donate Now
Makmal Pendidikan adalah sebuah laboratorium pendidikan yang berusaha menjawab kebutuhan peningkatan kualitas guru dan sekolah melalui pelatihan guru, pendampingan, dan forum Sahabat Guru Indonesia.
MAKMAL PENDIDIKAN

Makmal Pendidikan adalah sebuah laboratorium pendidikan yang berusaha menjawab kebutuhan peningkatan kualitas guru dan sekolah melalui pelatihan guru, pendampingan, dan forum Sahabat Guru Indonesia (SGI). Program kegiatan yang ada di Makmal Pendidikan adalah Pendampingan Sekolah, Pelatihan Guru, dan Pusat Sumber Belajar. 1. Pendampingan Sekolah Pendampingan sekolah adalah model pengembangan sekolah dalam meningkatkan kualitas manajemen, kegiatan belajar mengajar, dan partisipasi masyarakat di bidang layanan pendidikan. 2. Pelatihan Guru Pelatihan Guru adalah pelatihan dan workshop yang dirancang sistematis berdasarkan standar kurikulum berbasis kompetensi dan merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan kemampuan mendidik dan mengajar guru pada satu kompetensi tertentu yang bersifat khusus dan terencana. 3. Pusat Sumber Belajar (PSB) Pusat Sumber Belajar (PSB) merupakan salah satu departemen di bawah Makmal Pendidikan yang berfokus pada pengembangan, inovasi dan pengembangan kreativitas pengajaran. Pusat Sumber Belajar melayani masyarakat secara luas dan khususnya para guru melalui beberapa program atau kegiatan yaitu Perpustakaan SMART EI dan Pusat Media Pembelajaran. Jangkauan dan Jumlah Penerima Manfaat :

Penerima manfaat program pendampingan Makmal Pendidikan dari tahun 2010 sampai 2012 yaitu 37 sekolah pendampingan dan 8 sekolah pendampingan pelatihan cluster. Periode penerima manfaat untuk sekolah pendampingan yaitu sekitar 1-3 tahun, sedangkan pelatihan cluster hanya 6 bulan. Sebaran area sekolah pendampingan menjangkau 20 provinsi yaitu Kep. Bangka Belitung (1 sekolah), Bengkulu (1 sekolah), DI Yogyakarta (1 sekolah), Jawa Barat (2 sekolah), Jambi (1 sekolah), Kalimantan Barat (1 sekolah), Kalimantan Selatan (3 sekolah), Kalimantan Tengah (1 sekolah), Kalimantan Timur (4 sekolah), Kep. Riau (1 sekolah), Lampung (1 sekolah), Maluku (1 sekolah), NTB (1 sekolah), NTT (1 sekolah), Papua (3 sekolah), Papua Barat (1 sekolah), Sulawesi Selatan (3 sekolah), Sulawesi Utara (1 sekolah), Sumatera Barat (8 sekolah), dan Sumatera Utara (1 sekolah). Penerima manfaat program pelatihan guru Makmal Pendidikan dari tahun 2004 sampai 2012 adalah 12.835 orang guru yang tersebar di 22 provinsi yaitu Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kep. Riau, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Maluku, NTB, NTT, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan. Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Nama Jejaring : Makmal Pendidikan

Alamat Jejaring : Bumi Pengembangan Insani, Jl. Raya Parung Bogor KM. 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp. (0251) 8610817, 8610818, 8612044 Fax. (0251) 8615016

Alamat Situs : www.makmalpendidikan.net

Alamat Twitter : @MakmalDD

Facebook : Makmal Pendidikan