• about us
  • our offices
  • conversations
  • media
  • contact us
Donate Now
PROFIL EKONOMI
Masalah sosial yang dihadapi bangsa ini sejak dulu adalah kemiskinan. Berbagai program dan kebijakan yang telah dilakukan belum mampu mengatasi masalah kemiskinan di negeri ini.

Meski pertumbuhan ekonomi melesat namun Indonesia masih diselimuti kemiskinan yang dahsyat. Untuk itu Dompet Dhuafa mendirikan divisi ekonomi dengan jejaring yang tersebar di hampir seluruh pelosok Indonesia. Tujuannya adalah untuk mendampingi masyarakat melalui berbagai program yang disesuaikan dengan daerahnya agar tercipta lahan-lahan pekerjaan baru serta masyarakat yang berdaya sehingga mereka dapat mandiri secara finansial.

 

Ibu Kreatif Banten

Program pemberdayaan dan pendampingan komunitas ibu-ibu dari keluarga kurang mampu untuk mengembangkan usaha melalui pemberian modal secara cuma-cuma sesuai potensi lokal yang ada, mulai dari proses produksi hingga pemasaran. misal emping, sate bandeng, ikan asin, kue tradisional, kerajinan, dll. Komunitas usaha tersebut dibentuk koperasi untuk menambah kesejahteraan anggota.

Insan Tangguh

Merupakan Bantuan baik pemebrian modal maupun pendampingan Pada Individu tangguh yang dengan keterbatasan mereka tetap berusaha dalam mencari rezeki yang halal.

 

Taman Buah Produktif

Merupakan Sedekah pohon produktif yang yang di desain menjadi taman untuk wisata buah, sehingga selain bisa membantu mustahik, juga bisa menumbuhkan perekonomian di sekitar wilayah tersebut.

 

Kampung Wisata

Merupakan sebuah program terpadu antara kolam usaha santri, charity, sedekah pohon, beastudi pendidikan dan rekreasi edukasi (wisata zakat) di daerah Cinangka, Anyer, yang lokasinya dekat dengan objek wisata pantai di Anyer.

 

Kolam Usaha Santri

Program ini adalah pemberian modal budidaya ikan serta pelatihan budidaya ikan bagi santri di Banten, terutama bagi pesantren yang memiliki kolam ikan yang tidak produktif. Pendampingan program ini dilakukan minimal selama 6 bulan yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Banten. Selain hasil ikannya bisa di konsumsi, diharapkan program ini juga bisa menjadi ladang penghasilan tambahan bagi santri/pesantren. Ikan yang dibudidayakan adalah ikan yang laku di pasaran dan masa panennya cepat seperti lele, ikan mas, nila dan sebagainya.

 

Masyarakat Mandiri

MM didedikasikan untuk memutus lingkaran kemiskinan di kantong-kantongnya. Baik di urban maupun rural dengan pendekatan ekonomi. Misi utamanya menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat berbasis kewiraushaan sosial secara integrasi dan berkelanjutan.

 

Kampung Ternak

Program yang bertujuan untuk menghidupkan potensi lokal masyarakat berbasis peternakan melalui stratgei pemberdayaan dan pendampingan intensif pada penerima manfaat dengan strategi kelompok ternak. Bukan hanya diberikan stimulus modal, tetapi juga pemberian pelatihan intensif terpadu dalam pengelolaan ternak dari hulu hingga hilir.